Selasa, 24 Juli 2018

Akuntansi

Bissmillahirrahmanirrahim…

AKUNTANSI atau AKUNTING adalah penghitungan, pengelolaan, dan komunikasi tentang informasi keuangan suatu kesatuan ekonomi. Akunting sering di sebut “bahasa bisnis” karenamengukur hasil dari aktifitas suatu organisasi ekonomi dan menyimpulkan hasilnya untuk digunakan oleh berbagai macam pengguna termasuk investor, kreditur, manajemen, dan pemerintahan.


Akuntansi dapat di bagi menjadi beberapa bidang termasuk akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, auditing, dan akuntansi perpajakan.

1. Sejarah Akuntansi
Sejrah akunting telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan dapat ditelusuri dari masyarakat kuno. Ada juga beberapa bukti awal terbentuknya sistem pembukuan di Iran Kuno dan awal sistem audit oleh bangsa Mesir dan babilonia. Pada kekuasaan Kaisar Afgustus, pemerintah Romawi telah memiliki informasi keuangan yang lebih mendetail.

2. Devinisi Akunting dan Akuntansi
Akunting didefinisikan sebagai kegiatan menjaga atau mempersiapkan pencatatan keuangan terhadap kesatuan, analisis, verivikasi, dan pelaporan. Akunting juga di definisikan sebagai pekerjaan sebagai akuntan.

Akuntansi lebih merujuk kepada pekerjaan atau profesi seorang akuntan.

3. Akuntansi dan Software Komputer
Pekerjaan para aAkuntan banyak yang dipermudah berkat bantuan Software komputer.
Software ERP (Enterprise Resource Planning) menyediakan sumber informasi komprehensif, tersentralisasi, dan terintegrasi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengatur semua proses utama dalam bisnis.


Sumber : https://hedisasrawan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akuntansi

Bissmillahirrahmanirrahim… AKUNTANSI  atau AKUNTING  adalah penghitungan, pengelolaan, dan komunikasi tentang informasi keuangan suatu...